Belajar Visual Basic 6.0 Part I


Baiklah sobat semua, kali ini saya akan share program sederhana buatan saya yg saya pelajari di semester ini, dan ini adalah program yg saya buat pada pertemuan kedua bias di sebut juga pertemuan pertama, karna pertemuan sebelumnya hanya membahas kontrak kuliah,,,

Program ini saya buat menggunakan beberapa tool, diantaranya adalah
-Label
-Textbox
-CommandButton
-Frame
-DTPicker
-OptionButton

Untuk sementara hanya itu yg saya gunakan, mudah2an akan terus berkembang seiring dengan perkuliahan saya, dan saya akan terus share matakuliah VB yg saya jalani ini hingga selesai, jika Tuhan Menghendaki…

Baiklah, saya akan coba jelaskan sedikit source code nya, “Saya Bukan Master”

Code dibawah ini di gunakan pada CommandButton Keluar/Exit/Close, selain menggunakan end, anda juga dpt menggunakan unload me

Private Sub Command1_Click()
End
End Sub

Kemudian Code berikut di gunakan pada tombol Reset/Refresh/Cancel.
Text1 = "" Sampai dengan Text5 = "" di gunakan untuk mengosongkan bagian textbox.
DTPicker1 = Date di gunakan untuk mengaktifkan DTPicker sesuai dengan tanggal sekarang, jika code ini tidak di ketikan maka DTPicker akan menyesuaikan dengan tanggal kapan program di buat.
Option1.Value = True di gunakan untuk menandai OptionButton, perlu diketahui bahwa dalam satu lingkungan hanya dapat menandai 1 OptionButton, walaupun ada banyak OptionButton hanya dapat di tandai 1 saja, untuk menghindarinya maka saya menggunakan beberapa Frame untuk memisahkan lingkungan antar OptionButton tsb.
Text1.SetFocus di gunakan untuk meletakan kursor saat tombol Reset di Click.

Private Sub Command2_Click()
Text1 = ""
Text2 = ""
Text3 = ""
Text4 = ""
Text5 = ""
DTPicker1 = Date
Option1.Value = True
Option3.Value = True
Option6.Value = True
Option7.Value = True
Option9.Value = True
Option11.Value = True
Text1.SetFocus
End Sub

Code berikut ini adalah Code yg pertama kali dip roses, letaknya ada pada Form itu sendiri, ketika Program di Running, maka code berikutlah yg akan langsung dip roses.
Untuk keterangan tidak jauh beda dengan Code di atas…

Private Sub Form_Activate()
MsgBox "Welcome To Mr.MMY"
Text1 = ""
Text2 = ""
Text3 = ""
Text4 = ""
Text5 = ""
DTPicker1 = Date
Option1.Value = True
Option3.Value = True
Option6.Value = True
Option7.Value = True
Option9.Value = True
Option11.Value = True
Text1.SetFocus
End Sub

Program yg saya buat sama persis dengan Screen Shoot nya, anda dapat berkreasi sesuai denga kreativas anda masing2...

Untuk File Project nya bisa Download disini (Mediafire)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Optimalkan PES 2013 Pada PC Spek Rendah

Serial Key Windows XP Profesional SP 2

ID Flexi Wifi.id Februari 2015